Seni Fotografi dan Advertising Dr. Hery Margono

gambar  1 - instagram
Gambar 1.
(sumber : Instagram.com/herymargono27)
                                                         
Resti MediaBerawal karena butuh uang Dr. Hery Margono kelahiran Nganjuk, 27 April 1967 mencoba melakukan berbagai pekerjaan salah satunya menulis untuk menjadi seorang wartawan. Dengan usaha yang keras dan ada kemauan untuk mendapatkan uang, tulisan pertama dr. Hery Margono berhasil dimuat di majalah Ria Film. Tahun 1985 Dr. Hery Margono mulai menulis profil artis “Mieke Wijaya” dan pada saat itu beliau juga bekerja menjadi seorang fotografer artis dan hasil foto nya dijadikan cover majalah Ria Film. Sebagai fotografer, beliau memiliki banyak kenalan artis pada saat itu. Ketika hasil karya nya sudah dikenal dimana-mana Dr. Hery Margono menawarkan hasil fotonya kepada manager perusahaan SiDU untuk dijadikan cover buku tulis dan tawaran nya pun di terima oleh manager perusahaan SiDU. Kini Dr. Hery Margono dikenal sebagai pencetus buku dengan cover artis pertama kali di Indonesia.

Bukan hanya sebagai pekerja keras yang berani untuk bencoba suatu hal yang baru saja, Dr.Hery Margono juga merupakan seorang mahasiswa dengan lulusan D3-Manajemen Pemasaran,Akademi Pimpinan Perusahaan Departemen Perindustrian RI Jakarta (1991), S1-Sekolah Tinggi Manajemen Industri “STMII”(1995), S2-Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta (1998),S2-Master of Bussines Administration Bidang Bisnis Internasional,”SAN BEDA COLLEGE PHILIPPINES”(1999), dan S3-Institut Pertanian Bogor(2005), jadi tidak diragukan lagi dengan kemampuan yang beliau miliki.

Tahun 1990 perjalanan menjadi seorang fotografer pun berlanjut beliau sering memotret Krisdayanti, Desy Ratna Sari dan artis-artis top pada masa itu. Uang hasil menulis menjadi seorang wartawan, fotografer beliau kumpulkan untuk meneruskan mimpinya melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Di tahun yang sama Dr. Hery Margono memberanikan diri untuk mendirikan perusahaan Advertising yaitu PT. Harta Kharisma Wanapadu dengan modal percaya diri dan saat itu masih menjadi seorang mahasiswa. Hasil jeri payah beliau sudah bisa membeli kamera, vespa hingga berani membeli mobil angkot. Barang-barang itu beliau gunakan untuk menjadi peluang pekerjaan. Setelah pulang kuliah beliau menyupir angkot hal itu terus dilakukan hingga berjalan setahun lamanya. Pada akhirnya angkot tersebut beliau sewakan dan terus fokus menjalankan perusahaan nya dan menjadi seorang fotografer. 

Gambar 2. Fotografer
(sumber : pexels.com/Lisa Fotios)

Saat itu Dr. Hery Margono menjalani project sebagai fotografer produk dari beberapa brand. Jasa fotografi sangat dibutuhkan namun hanya sedikit orang yang bisa membuat sebuah foto menjadi hidup dan Dr. Hery margono bisa menguasai hal tersebut mulai dari foto produk hingga beliau memotret artis. Manfaat dari fotografi ini tentu memudahkan seseorang untuk mengabadikan momen dengan kualitas maksimal untuk mendapatkan gambar yang bagus. Selain itu juga bisa memudahkan client untuk mempromosikan produk. Untuk itu jika ingin foto produk anda bagus atau ingin hasil foto seperti artis cari jasa yang bisa diandalkan dan saya harap anda sudah tau akan menghubungi siapa! Hal ini sudah terbukti karena banyak hasil karya Dr. Hery Margono yang tersebar di internet dan di jejaring media social. Beberapa hasil karyanya juga dijadikan cover majalah terkenal.

Bergelut di dunia periklanan dan mendirikan perusahaan advertising yaitu PT. Harta Kharisma Wanapadu, Dr. Hery Margono pertama kali membuat produksi video iklan/TVC yaitu mempromosikan produk sepatu brand ternama Specs. Salah satu cara mempromosikan atau memperkenalkan produk dimana target pasar yang ingin dicapai adalah dengan menggunakan iklan televisi. Salah satu cara untuk mengiklankan produk adalah melakukan pendekatan ada 3 hal yaitu menyampaikan kelebihan kita apa, mempunya history yang bagus, dan social benefit salah satunya CSR kepedulian terhadap kegiatan. Kalau kita bisa menggabungkan 3 hal tersebut kita akan mendapatkan hasil iklan yang bagus. Mempromosikan produk melalui iklan televisi bisa memberikan informasi dan mengajak secara langsung calon pelanggan untuk membeli produk sehingga penyampaian pesan akan menjadi luas dan komunikasi pemasaran akan semakin efektif dan harus jujur, benar serta bertanggung jawab. Hal itu dilakukan Dr. Hery Margono ketika mendapat client pertama kali untuk membuat iklan televisi dan dibintangi oleh Rochy Putiray yaitu pemain sepak bola Indonesia pada saat itu dan ditayangkan di RCTI. 

Gambar 3. Sepatu Specs
(sumber : Instagram.com/Specs_Indonesia)

Specs adalah salah satu brand yang project iklan nya dikerjakan oleh Dr. Hery Margono yang pada saat itu menjabat sebagai Ketua Komite Penyempurna Etika Pariwara Indonesia (KPEPI). Sudah tidak diragukan lagi jika ada brand yang ingin bekerja sama dengan PT. Harta Kharisma Wanapadu milik Dr. Hery Margono pasti akan mendapatkan pelayanan terbaik dari mulai konsep, cerita, produksi TV, dan editing kemudian sampai penayangannya juga dikerjakan. Dan hal itu memang membutuhkan waktu bisa sampai 4 bulan karena produksi pada masa itu masih sulit dan tidak secanggih sekarang yang pasti nya sudah lebih mudah dan modern.

Selain itu, Dr. Hery Margono juga menulis buku dan pertama kali bukunya terbit di tahun 2009 terdapat 5 buku karya beliau diantaranya; Manajemen Insan Sempurna (Oktober 2009), Strategi Komunikasi “Seni Mengiklankan Diri” (Februari 2014), Spiral Development Maturity (September 2014), How To Create Indonesia Preneur (September 2015) dan The Miracle Of Metamorph (Februari 2016). Sejak kali pertama tayang, buku Manajemen Insan Sempurna tahun 2009 langsung digemari masyarakat. Telah dibaca lebih dari setengah juta pemirsa, karena buku tersebut mengajarkan kita untuk yakin bahwa kita bisa menghadapi apapun, yakin bahwa Allah selalu bersama kita, yakin bahwa semua yang terjadi itu karena kehendak Allah. Dan selain itu, setelah kita yakin kita bisa mencapai apapun, yang harus dilakukan adalah beramal sholeh dengan menabur benih kebaikan baru kita mendapatkan pahala. Dan itu semua terdapat di buku Manajemen Insan Sempurna karangan Dr. Hery Margono. Tidak heran jika buku-buku karangan Dr. Hery Margono digemari oleh masyarakat.

Menurut Dr. Hery Margono sukses adalah ketika kesempatan bertemu dengan persiapan. Dari dulu hingga sekarang saat sudah meraih kesuksesannya Dr.Hery Margono selalu mengingat wejangan dari orang tua “kamu jadi apa aja terserah, tapi jadilah yang terbaik”, terbuktilah wejangan dari orang tua, beliau sudah menjadi yang terbaik karena usaha usaha yang telah dilakukannya.  Di era sekarang ini yang harus kita lakukan adalah merubah mindset dan harus mempunyai kompetensi yang lebih baik salah satunya harus menjadi orang yang critical thinking dan problem solving, selalu beradaptasi dan memiliki kemampuan komunikasi. Selain itu, harus memiliki kemampuan entrepreneurship agar siap bersaing. Harus percaya diri, bergerak cepat, dan selalu menjadi orang yang tangguh.

Nah, jika kalian ingin mendapatkan tips-tips yang lebih banyak lagi seputar periklanan, entrepreneurship dan fotografi kalian bisa membeli dan membaca buku-buku karangan Dr.  Hery Margono. Karena banyak sekali ilmu yang dapat kita serap dan dari buku-buku tersebut kita bisa belajar dan menguasai ilmu seni fotografi dan advertising Dr. Hery Margono. adv


Referensi

https://youtu.be/I8F4aLz-vyM

https://youtu.be/TJAfuEMBz1w

https://youtu.be/Fga3I0HrKYk

https://youtu.be/58Cvrjxkj1w



*Tulisan ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Penulisan Naskah Public Relations dengan Dosen Pengampu Bapak Elpa Hermawan, S.I.Kom,MM*

Resti Refantin  |  41210058  |  Public Relations  |  41.2A.01 

#PNPR  #UBSI  #RESTIMEDIA  #HERYMARGONO

Komentar