Seni Fotografi dan Advertising Dr. Hery Margono
![]() |
| Gambar 1. (sumber : Instagram.com/herymargono27) |
Bukan hanya sebagai pekerja keras yang berani untuk
bencoba suatu hal yang baru saja, Dr.Hery Margono juga merupakan seorang
mahasiswa dengan lulusan D3-Manajemen Pemasaran,Akademi Pimpinan Perusahaan
Departemen Perindustrian RI Jakarta (1991), S1-Sekolah Tinggi Manajemen
Industri “STMII”(1995), S2-Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta
(1998),S2-Master of Bussines Administration Bidang Bisnis Internasional,”SAN
BEDA COLLEGE PHILIPPINES”(1999), dan S3-Institut Pertanian Bogor(2005), jadi
tidak diragukan lagi dengan kemampuan yang beliau miliki.
Tahun 1990 perjalanan menjadi seorang fotografer pun
berlanjut beliau sering memotret Krisdayanti, Desy Ratna Sari dan artis-artis
top pada masa itu. Uang hasil menulis menjadi seorang wartawan, fotografer
beliau kumpulkan untuk meneruskan mimpinya melanjutkan pendidikan ke perguruan
tinggi. Di tahun yang sama Dr. Hery Margono memberanikan diri untuk mendirikan
perusahaan Advertising yaitu PT. Harta Kharisma Wanapadu dengan modal percaya
diri dan saat itu masih menjadi seorang mahasiswa. Hasil jeri payah beliau
sudah bisa membeli kamera, vespa hingga berani membeli mobil angkot.
Barang-barang itu beliau gunakan untuk menjadi peluang pekerjaan. Setelah
pulang kuliah beliau menyupir angkot hal itu terus dilakukan hingga berjalan
setahun lamanya. Pada akhirnya angkot tersebut beliau sewakan dan terus fokus
menjalankan perusahaan nya dan menjadi seorang fotografer.
![]() |
| Gambar 2. Fotografer (sumber : pexels.com/Lisa Fotios) |
Saat itu Dr. Hery Margono menjalani project sebagai
fotografer produk dari beberapa brand. Jasa fotografi sangat dibutuhkan namun
hanya sedikit orang yang bisa membuat sebuah foto menjadi hidup dan Dr. Hery
margono bisa menguasai hal tersebut mulai dari foto produk hingga beliau
memotret artis. Manfaat dari fotografi ini tentu memudahkan seseorang untuk
mengabadikan momen dengan kualitas maksimal untuk mendapatkan gambar yang
bagus. Selain itu juga bisa memudahkan client untuk mempromosikan produk. Untuk
itu jika ingin foto produk anda bagus atau ingin hasil foto seperti artis cari
jasa yang bisa diandalkan dan saya harap anda sudah tau akan menghubungi siapa!
Hal ini sudah terbukti karena banyak hasil karya Dr. Hery Margono yang tersebar
di internet dan di jejaring media social. Beberapa hasil karyanya juga
dijadikan cover majalah terkenal.
Bergelut di dunia periklanan dan mendirikan perusahaan
advertising yaitu PT. Harta Kharisma Wanapadu, Dr. Hery Margono pertama kali
membuat produksi video iklan/TVC yaitu mempromosikan produk sepatu brand
ternama Specs. Salah satu cara mempromosikan atau memperkenalkan produk dimana
target pasar yang ingin dicapai adalah dengan menggunakan iklan televisi. Salah
satu cara untuk mengiklankan produk adalah melakukan pendekatan ada 3 hal yaitu
menyampaikan kelebihan kita apa, mempunya history yang bagus, dan social
benefit salah satunya CSR kepedulian terhadap kegiatan. Kalau kita bisa
menggabungkan 3 hal tersebut kita akan mendapatkan hasil iklan yang bagus.
Mempromosikan produk melalui iklan televisi bisa memberikan informasi dan
mengajak secara langsung calon pelanggan untuk membeli produk sehingga
penyampaian pesan akan menjadi luas dan komunikasi pemasaran akan semakin
efektif dan harus jujur, benar serta bertanggung jawab. Hal itu dilakukan Dr. Hery
Margono ketika mendapat client pertama kali untuk membuat iklan televisi dan
dibintangi oleh Rochy Putiray yaitu pemain sepak bola Indonesia pada saat itu
dan ditayangkan di RCTI.
![]() |
| Gambar 3. Sepatu Specs (sumber : Instagram.com/Specs_Indonesia) |
Specs adalah salah satu brand yang project iklan nya dikerjakan
oleh Dr. Hery Margono yang pada saat itu menjabat sebagai Ketua Komite
Penyempurna Etika Pariwara Indonesia (KPEPI). Sudah tidak diragukan lagi jika
ada brand yang ingin bekerja sama dengan PT. Harta Kharisma Wanapadu milik Dr. Hery
Margono pasti akan mendapatkan pelayanan terbaik dari mulai konsep, cerita,
produksi TV, dan editing kemudian sampai penayangannya juga dikerjakan. Dan hal
itu memang membutuhkan waktu bisa sampai 4 bulan karena produksi pada masa itu
masih sulit dan tidak secanggih sekarang yang pasti nya sudah lebih mudah dan
modern.
Selain itu, Dr. Hery Margono juga menulis buku dan
pertama kali bukunya terbit di tahun 2009 terdapat 5 buku karya beliau
diantaranya; Manajemen Insan Sempurna (Oktober 2009), Strategi Komunikasi “Seni
Mengiklankan Diri” (Februari 2014), Spiral Development Maturity (September
2014), How To Create Indonesia Preneur (September 2015) dan The Miracle Of
Metamorph (Februari 2016). Sejak kali pertama tayang, buku Manajemen Insan
Sempurna tahun 2009 langsung digemari masyarakat. Telah dibaca lebih dari
setengah juta pemirsa, karena buku tersebut mengajarkan kita untuk yakin bahwa
kita bisa menghadapi apapun, yakin bahwa Allah selalu bersama kita, yakin bahwa
semua yang terjadi itu karena kehendak Allah. Dan selain itu, setelah kita
yakin kita bisa mencapai apapun, yang harus dilakukan adalah beramal sholeh
dengan menabur benih kebaikan baru kita mendapatkan pahala. Dan itu semua terdapat
di buku Manajemen Insan Sempurna karangan Dr. Hery Margono. Tidak heran jika
buku-buku karangan Dr. Hery Margono digemari oleh masyarakat.
Menurut Dr. Hery Margono sukses adalah ketika kesempatan
bertemu dengan persiapan. Dari dulu hingga sekarang saat sudah meraih
kesuksesannya Dr.Hery Margono selalu mengingat wejangan dari orang tua “kamu
jadi apa aja terserah, tapi jadilah yang terbaik”, terbuktilah wejangan dari
orang tua, beliau sudah menjadi yang terbaik karena usaha usaha yang telah
dilakukannya. Di era sekarang ini yang
harus kita lakukan adalah merubah mindset dan harus mempunyai kompetensi yang
lebih baik salah satunya harus menjadi orang yang critical thinking dan problem
solving, selalu beradaptasi dan memiliki kemampuan komunikasi. Selain itu,
harus memiliki kemampuan entrepreneurship agar siap bersaing. Harus percaya
diri, bergerak cepat, dan selalu menjadi orang yang tangguh.
Nah, jika kalian ingin mendapatkan tips-tips yang lebih banyak lagi seputar periklanan, entrepreneurship dan fotografi kalian bisa membeli dan membaca buku-buku karangan Dr. Hery Margono. Karena banyak sekali ilmu yang dapat kita serap dan dari buku-buku tersebut kita bisa belajar dan menguasai ilmu seni fotografi dan advertising Dr. Hery Margono. adv
Referensi
*Tulisan ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Penulisan Naskah Public Relations dengan Dosen Pengampu Bapak Elpa Hermawan, S.I.Kom,MM*
Resti Refantin | 41210058 | Public Relations | 41.2A.01
#PNPR #UBSI #RESTIMEDIA #HERYMARGONO



Komentar
Posting Komentar